Wednesday, January 16, 2008

Apakah Anda sedang Dimata-matai Sekarang Ini?


Lihat ke sekeliling, apakah ada orang berkacamata hitam yang sebentar-bentar mendekatkan lengannya ke mulut? Jika tidak lihat baik-baik klo ngk salah mobil yang parkir diseberang tempat berkaca hitam, pasti ada orang yang sedang memperhatikan Anda dengan teropongnya di mobil itu....(hm...film banget bukan...biasa tempat nongkrong favorit saya adalah depan monitor jdi klo ngk ngegame ya nonton hehe). Tapi percayalah jawaban pertanyaan diatas adalah iya...(jangan terkejut dan jangan juga pura2 terkejut untuk menghargai Saya, coz bukan Saya yang sedang mengamati aktivitas anda).

Hal-hal kecil yang sering luput dari perhatian sering sekali menjadikan kita sebagai sasaran empuk jika ada yang berniat kurang baik, dalam hal ini untuk kasus spy di internet. Apa saja itu? Hm...silahkan lanjutkan membacanya.

  1. Faktor yang paling di sasar oleh spyware dan antek-anteknya adalah kelemahan sistem operasi komputer. Apakah kita memakai system yang legal? Jika iya...apakah sudah terupdate secara teratur? Jika iya juga apakah terpasang antivirus dan anti spyware? Mudah-mudahan jawabannya iya maka bolehlah kita bernafas sekarang, eitt jangan terlalu lega ya....namun jika belum, maka legalkanlah OS terlebih dahulu, silahkan beli Windows (karena Microsoft super pelit dan blm ada versi Windows yang gratis) atau pakai Linux saja, ada banyak versinya mungkin Ubuntu bisa jadi pilihan, request lewat situsnya dan tunggu pak pos mengantarkan CD Ubuntu gratis tanpa harus membayar sepeserpun. Updatelah secara teratur, pasang antivirus dan anti spyware.
  2. Periksalah ada berapa software full version yang terinstall di komputer Anda dan lanjutkan pertanyaan ada berapa yang didownload langsung dari situs developernya serta dilengkapi dengan serial?, apakah ada yang diaktifkan dengan keygen atau patch? Dan jika jawaban ke dua adalah iya...maka ingatlah maling sudah masuk kerumah anda silahkan periksa baik-baik siapa tau piring Anda sudah dilego dan kamar tidur Anda sudah dipasangi webcam. Tak perlu memindai komputer dengan antivirus sebab patch dan keygen tersebut tidak akan terdeteksi sebagai trojan sampai ada yang melaporkan ke vendor antivirus tersebut. Ingat masih banyak freeware yang bergentayangan, ngapain pake bajakan beresiko...
  3. Hm...masih ada rupanya, sering ketika kita mengunjungi suatu website yang tidak jelas kita ditawari berbagai hal yang nampaknya menggiurkan misalnya “ Anda adalah pengunjung yang ke 999999 silahkan klik untuk mengklaim hadiah Anda” atau “Komputer Anda telah terinfeksi spyware silahkan klik disini untuk mendownload antispyware” pernahkah air liur Anda keluar ketika membacanya sehingga mengklik salah satu iklan tersebut , hm...mudah-mudahan Anda cukup parno untuk tidak melakukannya....karena mereka itulah yang dinamakan spyware, malware, adware dan klewer.....(yang terakhir adalah nama pasar) tersebut.
  4. Hm...masih ada lagi juga rupanya....(capek dech) sebahagian besar password yang beredar diinternet adalah tidak akan jauh berkisar dari, manis, ganteng, tanggal lahir, nama pacar, no telp, alamat rumah, pass...., kata-kata kamus, kode pos ataupun kombinasinya...kayaknya mulailah mengganti nya sekarang. Masih mengenai password sebaiknya kaplinglah memori otak kita sebahagian untuk mengingat beberapa password yang berbeda untuk setiap akun kita, karena password yang sama untuk banyak akun, sama dengan mengunci brangkas dengan gembok pagar depan rumah. Oh ya jangan lupa menghapus email yang berisi password dari administrator suatu akun (biasanya dikirim ketika akun dibuat atau kita meminta password yang terlupa).
  5. Para penggila FS, Facebox, Multiply, Blog dan situs social networking lainnya juga harus semakin berhati-hati sekarang.Data-data pribadi yang anda expose disana ibarat daging mentah yang selalu mengundang lalat untuk mencicipiny. Jika belum percaya silahakan buka Google, carilah menggunakan nama Anda siapa tahu nomor sandal yang sekarang dipakai pun tersedia.....
Mudah-mudahan cukup dulu ya...walaupun masih banyak yang harus dibahas mudah-mudahan ada yang mau menyambungnya... Tapi jangan tanyakan apakah dengan menghindari 5 hal diatas Kita akan terhindar dari aktifitas mata-mata internet, karena jawabannya sungguh mengecewakan...Tidak ingin buktinya, bukalah Start-All Programs-Accesories-Command Prompt dan ketikkan tracert mail.yahoo.com. Lihat berapa baris ip yang muncul itulah jumlah komputer yang harus dilalui data dari komputer untuk menuju Yahoomail. Jika salah satu dari mereka bermaksud kurang baik maka tinggal memasang penyadap di komputer mereka, seluruh data yang anda kirim terjaring disana. Satu hal yang pasti melakukan login ke situs tanpa SSL (https) sama dengan mengirimkan surat cinta kepada istri tetangga dengan menggunakan kartu pos (siapapun bisa membaca, dan mungkin saja suaminya.....ngeri bo).

Jadi sekarang kita tahu siapa yang mematai saat ini...walaupun kita bisa ngeles “saya kan bukan siapa-siapa, tpi yang sering terjadi adalah kita jarang mengetahui kapan kita menjadi seseorang dan apakah bagaimana orang lain melihat kita sekarang”. Bakarlah komputer anda sekarang dan mulailah beralih ke merpati pos (karena untuk menyadapnya orang2 harus nyari senapan angin dulu dan burung daranya pasti sudah keburu terbang jauh)....”hanya orang paranoid yang akan aman di dunia maya”.......

No comments: